Sabtu, 10 Agustus 2013

Sejarah Fansub Indonesia

Apa itu fansub??
Ya! Fansub adalah kependekan dari fan-subtitled, yaitu sebutan orang yg gemar memberi subtitle pada sebuah video ataupun film. Berkat jasa mereka kita semua dapat menikmati video anime yang umumnya berbahas jepang (ya karena memang dari jepang)dengan bahasa indonesia. Karena tindakan pendistribusian "materi yang disubtitle oleh fan" merupakan pelanggaran hak cipta di beberapa negara, implikasi dari kegiatan produksi, distribusi, dan menonton fansub adalah topik yang penuh kontroversi sepanjang masa, meskipun faktanya kelompok fansub tidak mengambil keuntungan finansial dari kegiatan mereka, dan dalam banyak kasus menghentikan distribusi apabila pekerjaan mereka menjadi materi terlisensi dalam region bersangkutan.

Diindonesia telah banyak bermunculan para fansub. berikut adalah sejarah fansub indonesia yang saya copas dari forum Kanindo.

Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi cerita sedikit mengenai sejarah fansub khususnya di Indonesia.

Tahukah teman-teman fansub pertama di Indonesia? Hayo siapa coba...

Fansub Indonesia pertama adalah Tristan-Fansub. Terbentuk awal tahun 2004 oleh Idban.
Nah nama Tristan fansub ini diambil dari nama anaknya om Idban.

Kesuksesan pertamanya adalah mensub Samurai 7 hingga tamat. Fansub terakhir yang dirilis adalah Death Note, tapi tidak sampai selesai.

Nah, dari hasil ubek-ubek om gugel beberapa tahun yang lalu katanya ada lho fansub Indonesia sebelum Tristan. Tepatnya tahun 2002. Nah fansub ini menerjemahkan anime dari bahasa Melayu (Malaysia) ke dalam bahasa Indonesia dan di rilis dalam suatu forum yang bernama plasa.com. Tapi sayangnya.... karena buat thread di tempat yang salah akhirnya dihapuslah threadnya sama moderatornya. Tapi dari hasil ubek-ubek om gugel dulu hanya ada 1 sumber yang menuliskan tentang hal ini. Sumber lain mengatakan bahwa Tristan adalah fansub pertama di Indonesia.

Nah untuk periode 2004-2008 saya belum menemukan daftar fansub yang pernah ada dalam rentang waktu itu. Kalau ada yang tahu mungkin bisa berbagi dengan kita di sini?

Tahun 2008 ada 2 fansub nih yang muncul, yaitu SilkySubs dan Kwilyan-sub. Untuk silkysubs sendiri yang saya ingat waktu itu menggunakan situs wordpress dan mempunyai tagline "Your Silky Subs" dengan banner anime Toradora. Fansub Silkysubs ini didirikan oleh c0balt dan aktif hingga tahun 2011.

Untuk Kwilyan-sub sampai sekarang masih ada dan masih aktif. Sekarang berubah nama menjadi KAORI Fansub yang pasti sudah teman-teman kenal. Seingat saya dulu memakai domain .co.cc

Sekitar pertengahan tahun 2009, waktu zamannya K-ON! pertama kali (season 1) ada lagi fansub yang muncul yang bernama IndOtaku project. Nah fansub ini menerjemahkan K-ON!. Fansub ini tidak mempunyai website namun hanya ada Page Facebook. Pada tahun ini juga muncul fansub Laskar SOS (Ikemasen ojousama). Fansub ini mengerjakan seri Steis;Gate, Aki-Sora, BRS, Suzumiya Haruhi no Yuutsu, Ookami to Koushinryou II, dan Umineko no Naku Koro ni.


Nah tahun 2010 ini merupakan era nya fansub sehingga menjadi "melimpah" hingga saat ini.
Berikut ini adalah penuturan dari fansubber kita Alex dari Aleki. Ditulis 14 November 2010.

Untuk meramaikan forum ini saya akan sedikit bercerita tentang fansub2 yang ada di Indonesia

Baiklah saya cerita tentang diri saya (sedikit saja), sebenarnya saya suka anime baru 1 tahun belakangan, dan saya suka karena jalan ceritanya yang menarik

Karena anime berbahasa jepang, jadi selalu disertai teks inggris, dan sejak saat itulah saya baru mengerti tentang keberadaan fansub

Hasil kerja fansub internasional sangat bagus, sampai-sampai saya tidak sadar bahwa effect dan karaoke mereka yang buat (saya kira sudah dari animation studionya)

Jadi saya coba mulai belajar software yang rata2 dipakai fansub inter, yaitu aegisub, dan video tutorial dari JanuarCA.com

Akhir-akhir ini fansub inter banyak membagikan script mereka baik langsung maupun tidak langsung

Cerita ini dibuat berdasarkan versi saya, jadi bila ada kesalahan saya mohon maaf dan akan segera saya koreksi

-Fansub Indonesia pertama yang saya ketahui adalah silky, A-R,kaori

Silky-sub
Fansub ini merupakan yang terbaik karena anggotanya sudah memiliki pengalaman di fansub inter, saya pernah diajari irc dan main ke channel mereka.Quality dari silky sudah tidak perlu diragukan lagi.

A-R fansub dan Madesu fansub
Alland-Rider sub didirikan oleh yg namanya AllandForm dan (hyper)Diar. Setelah selesai ngesub W, para pendiri memiliki urusan yang lebih penting daripada ngesub. fansubnya bubar dan modjoh merekrut orang2 baru untuk membuat fansub baru untuk ngesub Kamen Rider setelah W.
Lalu Nico mengajukan diri pada AllandForm untuk meneruskan Nama A-R dan diterima proposalnya, karena sudah bukan A-R yg dulu, Nico menggantinya menjadi All-Rider. Modjoh dan team menolak untuk di-merge~, dan membuat grub baru bernama madesu

Salah satu pembuat karaoke di A-R yang sekarang pernah saya “pinjam” kemampuan-nya mengenai template dan bahasa prog lua sudah sangat sangat baik

Kaori
saya tidak bisa berkomentar, karena tidak pernah ngobrol bersama mereka, sepenglihatan saya mereka lebih aktif dalam kegiatan forum dan anime di Indonesia

- Berikutnya sekitar awal tahun 2010 saya menumukan fansub baru bernama Se-No Gakure
Yang menarik bagi saya kemunculuan seno bersamaan dengan saya (Aleki)

Se-No gakure
Saya mengetahui keberadaan mereka dari forum Indowebster, kemudian saya tertarik untuk berkenalan dengan mereka, setelah berbincang2 akhirnya kami memutuskan untuk mengerjakan sub-project angel beats
Tanggung jawab para anggota se-no sangat tinggi (saya sangat salut),sedikit cerita saja saat pertengahan eps 7 angel beats, mereka mengalami kecelakaan motor, dan angel beats jadi terhambat, akan tetapi mereka tetap pada tanggung jawabnya dan pada akhirnya angel beats dapat diselesaikan
Jujur saya Se-No gakure adalah fansub Indonesia terfavorit bagi saya


Lalu ada NarutoBleachLover

NarutoBleachlover atau disingkat NBL
Ini dia yang saya tunggu-tunggu, naruto, bleach, onepeace? Pasti kalian semua sudah tahu anime ini, ya, rata-rata anime yang mempunyai nama besar ada di NBL, tidak hanya menyedikan anime, tapi juga terdapat manga conan, naruto, bleach dan onepeace edisi terbaru, terupdate, dengan bahasa Indonesia tentunya
Walau rata-rata serialnya sudah dilisensi di Indonesia,tapi saya pasti akan tetap terus mendukung NBL
Dan perlu diketaui website NBL merupakan website yang paling banyak pengunjungnya dan fans-nya, sebenarnya NBL juga senior tapi saya tidak tahu kapan tepatnya muncul, perkiraan saya sudah lebih dari 1 tahun
Tapi yang pasti NBL merupakan fansub terlaris, dengan page view dan fans terbanyak dibanding fansub lainnya
dan admin NBL muh azhie sangat ramah dan sopan, sangat membantu penyebaran anime subtitle Indonesia

Berikutnya muncul Indo-SS
Indo-SS
Saat ini bekerja sama dengan saya untuk sub-project bakuman, serial yang mereka kerjakan juga sudah cukup banyak,salah satu anime dengan nama besar fairy tail sedang mereka kerjakan, saya harap kita dapat menyelesaikan bakuman dengan baik, terima kasih indo-ss


Kemudian sekitar pertangahan tahun saya menemukan fansub lagi yaitu Anime freaks (A-F)

Anime Freaks (sekarang bernama yuuki fansub)
Fansub yuuki juga merupakan salah satu yang terbaik, kenapa?
-perkembangan mereka sangat cepat
-terdapat timmer dan translator yang dapat berbahasa jepang, jadi timming dan translate dilakukan sendiri tanpa harus mengambil script dari fansub inter
-kemampuan v-dar mengkoordinasi anggota-anggotanya yang sangat baik
-rilis cepat dengan kualitas yang sangat bagus (rilis HQ dan LQ)

Pada musim gugur 2010 muncul 1 fansub lagi yaitu Hikari

Hikari
Tentunya terima kasih banyak kepada hikari yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya membuat forum untuk para fansub Indonesia, yang oleh karena itu para fansub indonesia dapat saling mengenal dan sharing
Hikari juga tidak kalah karena memiliki translator dari sastra jepang, kinerja mereka sangat baik bahkan sekarang memegang 2 anime
Dan bagaimanapun juga Hikari memegang peranan penting dalam kemajuan fansub di Indonesia


Dan sebagai penutup, mungkin juga kemunculan fansub yang terakhir di 2010 ini
Mari kita sambut :

Anime subIndonesiaSaya sangat salut dengan ASI, memang saya belum pernah berbincang-bincang dengan anggotanya, tapi sepenglihatan saya sepertinya dia hanya sendiri, mengingatkan pada saya yang dulu T.T, oleh karena itu di awal saya katakan saya salut kepadanya, kenapa? Di kemunculan perdananya 5 serial anime fall langung dikerjakan, saya ulangi sekali lagi lima serial langsung dikerjakan sendiri,tidak tanggung² yosuga no sora (anime terkontroversi 2010) pun dia ambil, untuk itu fansub ini merupakan fansub dengan serial terbanyak, saya harap 5 serial itu dapat diselesaikan sampai tamat, keep fight Hakito (one)

--------------------------------------------------------------------------------------
Liputan ini berdasarkan yang saya lihat,apa adanya, tidak dilebih-lebihkan
Jujur saja sekarang ini saya sudah tidak mampu lagi menangani banyak serial(karena adanya masalah), untung sekarang saya ditemani satu orang translator,saya sangat berterima kasih kepadanya, kemunduran saya dapat dilihat, di winter nanti saya hanya mengambil satu serial
Akan tetapi saya senang dan dapat tenang melihat kemajuan fansub di Indonesia dalam 1 tahun ini sudah banyak bermunculan, tentunya tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada fansub inter yang sudah membagikan script mereka
Bagaimanapun juga saya tidak menganggap kalian sebagai saingan, tapi saya menganggap kalian sebagai teman baik (tomodachi) dan saya berharap kalianpun dapat saling akrab, dan sebagai teman tentunya saya akan selalu mendukung kalian
Akhir kata, walau kita belum pernah bertemu, saya memiliki kenangan tersendiri, khususnya bersama staff pertama saya dan se-no gakure
Dan untuk kedepannya saya tidak bisa seaktif sekarang, karena suatu masalah, saya harap tulisan ini dapat dibaca banyak orang suatu hari nanti


Tertanggal 14-11-2010

Alex.K from Aleki-sub



Demikian penuturannya. Saya tambahkan lagi ceritanya.

Pada tahun 2010 muncul juga fansub JrrMaster. Fansub ini dikenal dengan rilisan To Aru Majutsu no Index/Railgun, A-Channel dan Fractale. Lalu ada SIBACorp dan Souki-Hasshou. Proyek pertama Souki-Hasshou adalah anime Toradora. Setelah ASI dideklarasikan, pada tanggal 25 Desember 2010 muncullah MoeSubs yang masih ada hingga saat ini. Pada tanggal 4 November 2010 terbentuklah forum Kanindo (Komunitas Fansub Indonesia) yang namanya digagas oleh JrrMaster.

Begitulah perkembangan pada tahun 2010.

Nah awal tahun 2011 terbentuklah Lulusubs yang masih ada hingga saat ini.
Sepertinya cerita saya sampai awal tahun 2011 aja ya :D Karena setelah itu fansub makin banyak dan makin berkembang jadi susah mengingatnya hehehe....

Jadi kronologisnya seperti di bawah ini. (Kronologis disusun sesuai urutan muncul, namun tanggal tidak saya tulis)

2004 : Tristan Fansub berdiri
Mei 2008: Hari jadi KAORI Fansub
Mei 2009 : Laskar SOS berdiri [Ikemasen Ojousama]
Maret 2010 : Posting pertama Aleki.
April 2010 : Senogakure berdiri
Juli 2010 : Indo-SS berdiri.
Agustus 2010 : AF! Subs Indonesia berdiri.
Agustus 2010: A-R fansubs resmi berubah nama jadi MaDeSu
September 2010 : Hikari Fansub berdiri.
September 2010 : AF! Fansub mengubah nama menjadi Yuuki Fansub
November 2010 : Forum KANINDO berdiri.
November 2010 : Web JrrMaster mengudara.
November 2010 : Web SIBA Corp lahir.
Desember 2010 : Souki Hasshou berdiri.
Desember 2010 : Hari Natal, Moesubs berdiri.
Januari 2011 : Lulusubs lahir.

Sumber :
http://http://kanindo.com/viewtopic.php?f=8&t=4

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap

Anonim mengatakan...

anjir sepuh

Sinang mengatakan...

Sepuh

Posting Komentar